Dirgahayu Republik Indonesia Ke 72 Tahun - 17 Agustus 1945 - 17 Agustus 2017               Selamat Hari Jadi Provinsi Riau 60 Tahun - Menghulu Budaya Melayu, Menghilir Riau Berintegritas               Selamat Hari Raya Idul Adha - 1438 Hijriah - 2017 Masehi Taqabballahu Minkum Minna Wa Minkum               Sudahkah Anda mengurus izin? - Uruslah izin Anda di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu               

Selengkapnya...
Rabu, 20 September 2017 09:58 WIB
Kios Sentra Jajanan Dan Oleh-oleh Khas Kota Dumai Di Resmikan

Dumai--dumaikota.go.id --

Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si bersama GM Pertamina RU II Dumai Otto Gerentaka beserta Ketua DPRD Kota Dumai Gusri Efendi dan Porkompimda Kota Dumai meresmikan Kios Sentra Jajanan dan oleh-oleh Khas Kota Dumai Program CSR Pertamina RU II Dumai di pasar buah taman lepin Jalan Jenderal Sudirman. Senin (18/9/17).

Mengawali acara peresmian, Sambutan Kadis Perindag Kota Dumai H. Zulkarnain menyampaikan, menindaklanjuti hasil rapat mengenai pembahasan rencana relokasi pedagang disepanjang Jalan Raya Bukit Datuk ke pasar buah taman lepin, adapun maksud dari pelaksanaan peresmian pemakaian kios jajanan dan oleh-oleh khas kota dumai dilokasi pasar buah taman lepin ini adalah memberikan suatu legitimasi/kepastian hukum bahwa kios yang dibangun benar-benar diperuntukan bagi para pedagang yang sebelumnya berjualan di sepanjang Jalan Raya Bukit Datuk.

Sedangkan tujuan dibangunnya kios tersebut merupakan wujud kepedulian pihak Pertamina RU II Dumai terhadap masyarakat Kota Dumai khususnya yang berjualan disepanjang Jalan Raya Bukit Datuk sebagai para pelaku usaha ekonomi makro, agar dapat memiliki tempat yang aman, layak serta tidak terganggu dengan arus lalu lintas atau tidak lagi merasa was-was karena berjualan diarea tanah milik pertamina serta bahu jalan yang secara undang-undang melanggar pasal 19 Peraturan Daerah Kota Dumai nomor 12 tahun 2002 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum.

Anggaran pembangunan kios jajanan dan oleh-oleh khas Kota Dumai ini murni berasal dari PT. Pertamina RU II Dumai dalam bentuk program CSR tahun 2017 yang dikerjakan pihak LPMK Kelurahan Bukit Datuk dengan jumlah kios 50 (lima puluh) pintu dan jangka waktu pembangunan kurang-lebih 5 (lima) bulan serta kriteria pembangunan fisik terbuat dari lantai dan tiang batu, atap kerangka baja ringan dan multiroof, bentuk persegi panjang dan atap limas, diperuntukan sebagai pembinaan para pelaku ekonomi makro yang tercatat dalam pendataan dari kelurahan Bukit Datuk berjumlah 50 pedagang.

GM Pertamina RU II Dumai Otto Gerentaka mengatakan, pentingnya pemberdayaan masyarakat di wilayah operasional Pertamina merupakan salah satu tanggung jawab perusahaan, untuk itulah Pertamina dengan program CSR nya membangun sebanyak 50 pintu kios tersebut sebagai pusat jajanan dan oleh-oleh khas kota dumai.

Selain itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan, menyangkut keselamatan masyarakat baik itu pelaku usaha ekonomi makro, pedagang maupun pembeli sering terlihat mengadakan transaksi dipinggir jalan sehingga dinilai sangat berbahaya serta mengacam keselamatan, sedangkan arus lalulintas pengguna kendaraan baik itu karyawan pertamina maupun masyarakat umum selalu berkecepatan tinggi, maka dari itu tidak hanya pertamina, masyarakat khususnya para pedagang yang berjualan disepanjang Jalan Raya Bukit Datuk bersama-sama ikut diajak untuk menjaga ketertiban lingkungan. Terang Otto.

Pada kesempatan tersebut Walikota Dumai H. Zulkifli AS dalam sambutanya menyampaikan,  Perkembangan Kota Dumai kian lama semakin meningkat, hal ini terlihat Kota Dumai merupakan pintu masuk dari berbagai transportasi yakni transportasi laut, darat dan udara, dengan memanfaatkan kondisi ini perekonomian masyarakat juga perlu ditingkatkan, banyak produk-produk industri serta olahan-olahan rumah tangga harus dipromosikan.

Pemerintah Kota Dumai baru-baru ini telah meresmikan gedung Dekranasda yang merupakan pusat kerajinan daerah, letak posisinya juga dekat dengan pasar buah taman lepin, agar semuanya dalam satu paket maka pembangunan kios jajanan dan oleh-oleh khas Kota Dumai di tempatkan satu wadah agar nantinya para konsumen tidak jauh-jauh untuk mencari oleh-oleh khas Kota Dumai. Ungkap Wako.

Wako juga menghimbau untuk membantu para pedagang, kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada acara peresmian Sentra Jajanan dan Oleh-oleh Khas Kota Dumai, agar memberikan informasi kepada teman, keluarga, kerabat, sanak saudara bahwa pedagang oleh oleh yang berjualan disepanjang Jalan Raya Bukit Datuk sudah dipindahkan ke pasar buah taman lepin Jalan Sudirman.

Kemudian Wako H. Zulkifli AS juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Pertamina RU II Dumai, LPMK Kelurahan, RT dan tak kalah penting para pedagang atas prakarsa dan dukungannya, mengenai CSR ini Pemko Dumai tidak menerima anggaran namun Pemko Dumai hanya memberi konsep saja, tujuan dipindahkan agar pedagang merasa aman dan nyaman dalam mencari rezeki sekaligus mengacu kepada aturan-aturan yang ada. Tutup Wako.

Turut hadir Ketua TP. PKK Kota Dumai Hj. Haslinar Zulkifli, Ketua GOW Dewi Tunjung Sari Suharjo, Ibu Ketua DPRD Kota Dumai Lenny Gusri Efendi, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kantor, Kepala Bagian serta Para Camat dan Lurah sekota dumai. (hms/ds).



Dibaca 100 kali
Penulis/Editor : eko /
 


 Komentar :

   ( Komentar berita ini telah ditutup dan tidak ada komentar untuk berita ini! )


 Info Terkait

( Tidak ditemukan berita terkait! )

Jl. Tuanku Tambusai, Dumai, Riau - 28826, telp. (+62 atau 0 765) 440093, e-mail : kominfo@dumaikota.go.id
Dikembangkan oleh Bagian Komunikasi Dan Informasi Kota Dumai @ 2013, © 2017
Tampilan standar : Browser-nya Firefox terbaru | Resolusi layarnya 1280 X 768 pixel | JavaScript harus aktif